Menjalani Hari Tanpa Stress

   > Pagi Hari


- Nyalakan semua lampu
jika anda bangun pagi sebelum matahari terbit, nyalakan semua lampu. atau buka semua gorden jika matahari sudah terbit saat anda bangun. membuat ruang menjadi seterang mungkin di pagi hari membantu mengatur hormon stres untuk saat selanjutnya di hari itu sehingga anda akan merasa lebih tenang dan lebih bahagia di pagi, siang, dan malam hari. jelas psikiater Hyla Class, M.D., dalam bukunya Natural Highs.

- Sarapan Serealia
sebuah studi terkini di Cardiff University di Wales menemukan, orang-orang yang mengawali harinya dengan serealia tinggi serat seperti All Bran atau raisin bran melaporkan lebih bahagia secara bermakna dan kurang tegang di sepanjang hari dibanding orang-orang yang tidak makan serealia. serat membantu mengatur cortisol yang dikeluarkan tubuh ketika merasa letih.



-  Minum segelas jus jeruk
sebuah studi di University of Tubingen, Jerman, menemukan, relawan yang di beri vitamin C mempunyai kadar stres yang lebih rendah dibanding partisipan yang mendapat plasebo. yang mendapatkan vitamin C juga mempunyai tekanan darah yang lebih rendah, kadar hormon stres cortisol yang lebih rendah dan melaporkan merasa kurang stres dan kurang gelisah dibanding yang tidak mendapatkan vitamin ini. hanya minum 1 gelas jus jeruk saja bisa membangkitkan semangat.



- Bersenandung
pola frekuensi suara ketika kita bersenandung, terutama jika yang disenandungkan adalah musik favorit kita, memicu gelombang alpha otak yang membuat kita merasa lebih tenang. selain itu, perubahan dalam pola normal napas kita mendorong relaksasi. jika anda bersenandung di pagi hari dalam perjalanan ke tempat kerja, anda akan merasa lebih rileks di sepanjang hari.

   > Siang Hari 


- Ngemil kacang tanah
kacang tanah kaya magnesium, mineral penting untuk mengendalikan cortisol. riset menemukan, banyak orang dengan depresi mempunyai darah dengan kadar magnesium sangat rendah. meningkatkan kadar magnesium dapat membangkitkan semangat dan meredakan ketegangan. sumber baik lainnya adalah biji bunga matahari, pecan, dan buah apel.

- Menatap keluar jendela
berkhasiat meredakan ketegangan mata, salah satu penyebab utama lelah di siang hari. akan lebih baik lagi jika cuaca cerah. studi-studi menunjukkan, manatap langit biru menurunkan denyut jantung dan pola napas, dan membuat anda tetap tenang.

- Makan Pisang
pisang kaya dengan vitamin-vitamin B yang diperlukan agar sistem saraf bekerja lancar dan mengatur hormon adrenal. vitamin-vitamin B mempunyai efek merilekskan tubuh dan emosi kita. menurut Dr.Cass, vitamin ini biasanya yang pertama habis di saat kita stres.





- Mencorat coret
gambar apa saja yang anda suka : bentuk geometris, angka, atau coretan apa saja. aktivitas ini membuat otak beristirahat beberapa menit, yang memberikan efek tenang yang sama dengan meditasi.

   > Malam Hari


- Minum secangkir teh chamomile
teh chamomile berkhasiat menurunkan kadar ACTH, sejenis hormon stres yang dihasilkan kelenjar pituitary sehingga anda secara otomatis merasa lebih tenang. begitu menurut ahli stres Nancy Rosenberg dalam buku Outwitting Stres.




- Makan ikan untuk makan malam
ikan mungkin pembangkit semangat yang lebih baik diabanding obat antidepressant. para ahli menemukan, asam lemak omega-3 di dalam ikan efektif meningkatkan produksi serotonin. untuk mendapatkan khasiat penurunan stres, para ahli menyarankan makan ikan beberapa kali seminggu. yang tidak suka ikan bisa mendapatkannya dari suplemen.

- Minum pil kalsium
riset menunjukkan, mendapatkan 1.000 mg kalsium bukan hanya membantu tulang, tapi juga menenangkan kelenjar adrenal dan melemaskan otot tegang. diminum 1 jam sebelum tidur bisa membantu tidur lebih pulas.

source : majalah aura

Title: Menjalani Hari Tanpa Stress
Posted by: Maulana Aji Pratama
Published: 2012-03-19T16:00:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
0 Komentar untuk "Menjalani Hari Tanpa Stress"

"You must log in G+ to access the comment area".

 
Copyright © 2010 - , All Rights Reserved.
| About | Contact | Sitemap | License | DMCA
Template By CatatanInfo.com