Sikap Hidup Dalam Menghadapi Cobaan

Seringkali ketika kita mendapatkan suatu permasalahan, kita justru berprasangka buruk kepada kita. Padahal supaya permasalahan yang kita hadapi terasa ringan, maka kita harus menjaga persangkaan yang baik (huznudzan) kepada Allah swt. terhadap ujian permasalahan yang diberikan pada kita. Dengan perasaan positif tersebut kita akan mampu bersabar dan bisa berfikir jernih untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang kita hadapi. Kita harus berusaha sabar dan ikhlas. Pada umumnya kita semua bisa lebih sabar, disaat kita di uji dengan hal yang menyenangkan, tapi saat kita di uji dengan ujian yang tidak menyenangkan, seperti ujian kesulitan, ujian kehilangan atau musibah maka kebanyakan dari kita, akan merasa begitu sulit menerimanya dan sulit untuk bisa sabar. Ujian kesulitan, ujian kehilangan, kekurangan musibah, penyakit, kekurangan, adalah perkara biasa yang dihadapi oleh manusia selama hidup di dunia ini. 
Sabar akan sangat sulit dilakukan, apabila kita tidak mampu menyadari, bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, pada hakikatnya hanyalah ujian. Sesungguhnya dengan adanya musibah, maka seorang hamba akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Ketahuilah dan yakinlah, bahwa sesungguhnya dalam setiap cobaan berat yang Allah SWT berikan untuk kita, maka ada hikmah dan pahala yang besar yang menyertainya. Kita harus rela menerima segala ketentuan Allah dan menyadari bahwa apapun yang terjadi, sudah ditetapkan Allah SWT. Kita wajib menerima segala ketentuan Allah dengan penuh keikhlasan.
Sebenarnya, kita semua pasti mampu untuk bisa sabar dalam segala ujian dan segala keadaan, asalkan kita kuat iman. Coba kita tanyakan pada diri kita, saat kita ditimpa suatu ujian kesulitan, kesedihan atau kehilangan, apa manfaat yang bisa kita ambil kalau kita tidak sabar dan tidak mengikhlaskannya? Apakah dengan ”tidak sabar” dan ”tidak ikhlas” nya kita, maka bisa menghadirkan kenyamanan untuk kita? Atau bisa membuat ujian tersebut tidak jadi datang atau tidak jadi menimpa kita? Sekarang kita pikirkan kembali, kita sabar atau tidak sabar, ikhlas atau tidak ikhlas, ujian kesulitan / kesedihan atau musibah tetap terjadi dan menimpa kita kan?  Jadi lebih baik kita terima dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Bila kita bisa sabar dan ikhlas menerimanya, maka insya Allah, tidak akan terasa berat lagi ujian tersebut. Kita harus selalu baik sangka kepada Allah SWT dan jangan pernah sekalipun meragukan dan mempertanyakan keputusan, ketetapan, dan ketentuan Allah.  Kita harus bisa sabar dan ridha terhadap apapun keputusan dan ketetapan-Nya. Selalu berfikiran dan bersikap positif dalam memandang segala permasalahan.

Jika kita memancarkan energi positif maka lingkungan pun akan memberikan feedback positif kepada kita. Berdo’a-lah agar kita diberikan kesabaran dan kekuatan untuk bisa memikul sebesar-besarnya masalah daripada terus-terusan meminta untuk dijauhkan dari masalah. Semakin kita terampil memecahkan permasalahan besar, semakin tinggi kualitas pribadi kita. Karena itu, marilah kita sabar dan ikhlas dalam segala keadaan, yakinlah bahwa janji Allah pasti benar. Percayalah, sabar dan ikhlas, akan membuahkan kebahagiaan hidup.

Title: Sikap Hidup Dalam Menghadapi Cobaan
Posted by: Maulana Aji Pratama
Published: 2017-12-26T23:46:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
0 Komentar untuk "Sikap Hidup Dalam Menghadapi Cobaan"

"You must log in G+ to access the comment area".

 
Copyright © 2010 - , All Rights Reserved.
| About | Contact | Sitemap | License | DMCA
Template By CatatanInfo.com