Definisi New Media Beserta Manfaat, Komponen, dan Aplikasinya

Nama : Maulana Aji Pratama
NPM : 56414461
Kelas : 2IA12
Peng. Tek. Internet & New Media

New Media


1)  Definisi
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara / penghubung yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. New Media biasa digunakan terutama dibidang komunikasi. Media baru yang muncul karena perkembangan teknologi, yaitu internet. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.

2)  Manfaat
- Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
- Sebagai Media transaksi jual beli online
- Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
- Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
- Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis

Berikut disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media yaitu sebagai berikut:
- Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi, Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
- Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
- Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.

3)  Komponen
- Internet dan Web 
- Komputer , Notebook , Tablet 
- VCD , DVD , Flash Disk , Harddisk Eksternal 
- Smartphone 
- Portable Media Player 
- Video Game 
- Cloud (Media penyimpanan online) 
- Dan lain sebagainya 

Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

4)  Aplikasi

1. Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.

2. Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.

3. Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.

Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
- Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
- CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
- Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
- Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
- BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb.

Sumber:
https://crayoncrayon.files.wordpress.com/2013/11/images1.jpg?w=600
https://plus.google.com/110767414459413974716/posts/PbBTxrs8q9x
http://ariefnugrahaa.blogspot.co.id/2014/10/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html

Title: Definisi New Media Beserta Manfaat, Komponen, dan Aplikasinya
Posted by: Maulana Aji Pratama
Published: 2015-10-18T16:06:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
0 Komentar untuk "Definisi New Media Beserta Manfaat, Komponen, dan Aplikasinya"

"You must log in G+ to access the comment area".

 
Copyright © 2010 - , All Rights Reserved.
| About | Contact | Sitemap | License | DMCA
Template By CatatanInfo.com