Aplikasi New Media Dari Sisi Manfaat, Kekurangan, dan Kelebihan

Nama : Maulana Aji Pratama
NPM : 56414461
Kelas : 2IA12
Peng. Tek. Internet & New Media

Fitur dan Konten dari Aplikasi New Media
Sosial media saat ini merupakan situs yang paling banyak dikunjugni di beberapa negara. Karena sosial media layaknya mempunyai sihir yang membuat penggunanya betah untuk memainkannya. Salah satu pengguna sosial media terbesar di dunia adalah Indonesia. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi new media yang ada dari sisi manfaat, kekurangan dan kelebihan.

       1)  Google+


Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.

Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS.
Kelebihan:
- Ada fasilitas Repost yang memiliki istilah Reshared, jadi kita langsung bisa mengutip sebuah status dari teman yang ada pada circle kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter
- Atur status Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
- Terdapat fasilitas Hangouts yang memungkinkan pengguna video chat dengan temannya.
- Mode huruf beragam di Google+ bisa menulis sebuah status dengan mode miring, coret, atau tebal.
Kekurangan:
- Dengan koneksi internet yang lambat, akan sulit mengakses akun google plus yang menggunakan live notification.
- Banyak fitur yang sama seperti yang sudah dimiliki oleh pendahulunya, facebook.
- Popularitas google plus menurun dibandingkan awal-awal diluncurkannya layanan ini. Semakin banyak yang meninggalkan jejaring sosial ini. 

       2)  Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
·         Fitur pada Twitter
- Adapun fitur yang terdapat dalam Twitter adalah sebagai berikut:
- Kicauan (tweet)
- Konten
- Format
- Topik hangat
- Aplikasi dan seluler
- Verifikasi akun
·         Manfaat Twitter
Adapun Manfaat penggunaan Twitter adalah sebagai berikut:
- Tempat Hiburan
- Tempat mejalin komunikasi
- Tempat berbagi informasi
- Media untuk promosi dan marketting
- Sebagai sumber inspirasi
·         Kelebihan:
- Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
- Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
- Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
- Dapat memasarkan produk secara geratis.
·         Kekurangan:
- setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
- banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain.
- Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
- Ukuran avatar (foto profil) kecil. 

       3)  Kaskus

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.
Adapun fitur yang terdapat dalam KASKUS adalah sebagai berikut:
·         KasPay
·         e-Pulsa
·         Kaskus Ads
·         Kaskus Radio
·         Kaskus Mobile

       4)  YouTube

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
·         Manfaat Youtube
Adapun beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak.
   1.   Kelebihan
·         Bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
·         Sebagai ajang promosi diri
·         Bisa mendownload setiap video
·         Bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
·         Ukurannya ada yang HD, bisa di download
·         Videonya banyak
   2.   Kekurangan
·         Bisa disalahgunakan penggunanya
·         Banyak informasi yang menyesatkan
·         Banyak negara yang memblok Youtube
·         Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
·         gambarnya tersendat sendat
·         Banyak video dengan kualitas buruk
·         Tidak cocok untuk slow conection
·         Tidak bisa download secara langsung

       5)  Path

Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”

Perusahaan ini berawal dengan aplikasi pada iPhone dan juga website lalu merilis versi Android kemudian. Perusahaan ini berkompetisi dengan jejaring sosial lainnya seperti Instagram.

Berpusat di San Fransisco, California, perusahaan ini didirikan oleh Shawn Fanning dan mantan Eksekutif dari Facebook, Dave Morrin. Path didirikan dengan tujuan membuat sebuah jurnal yang interaktif bagi penggunanya.
·         Kelebihan :
-Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.
- Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter
- Path memiliki 8 Free Filter Lenses utk mempercantik foto/video
- Memiliki fitur chat
- Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita
·         Kekurangan :
- Path hanya membatasi 150 teman

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Google%2B
https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
http://suckrockers.blogspot.co.id/2013/12/sosial-media-beserta-kelebihan-dan.html
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2014/11/penjelasan-fitur-dan-kontent-serta.html

Title: Aplikasi New Media Dari Sisi Manfaat, Kekurangan, dan Kelebihan
Posted by: Maulana Aji Pratama
Published: 2015-11-14T16:37:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
0 Komentar untuk "Aplikasi New Media Dari Sisi Manfaat, Kekurangan, dan Kelebihan"

"You must log in G+ to access the comment area".

 
Copyright © 2010 - , All Rights Reserved.
| About | Contact | Sitemap | License | DMCA
Template By CatatanInfo.com