Pengantar Web Science

Nama : Maulana Aji Pratama
NPM : 56414461
Kelas : 2IA12
Pengantar Web Science

Definisi
Web science adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada segala bidang di kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita mempelajari bagaimana memberdayakan suatu sumber virtual sebagai media komunikasi praktis, dimana tampilan pada web itu sendiri dapat di buat semenarik mungkin agar dapat memunculkan minat pembaca. Web science membutuhkan pemahaman akan web dan juga focus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.


Sejarah Web
Web atau website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam WWW (World Wide Web) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language). yang hampir bisa diakses melalui HTTP, yaitu protocol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui browser.
   Halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL (Uniform Resource Locator). URL itu sendiri bertugas menunjukan sumber daya internet atau alamat sebuah halaman web (Homepage), seperti dokumen dan gambar di Internet.
      Penemu website adalah Sir Timothy John ‘Tim’ Berners-Lee, seorang peneliti di CERN Physics Lab di Jenewa, Swiss pada tahun. Website yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Pre-Web:
  1. MEMEX (Memory Index), merupakan singkatan dari memori dan index. Memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem, penciptaan world wide web, dan basis pengetahuan personal software.
  2. HYPERTEXT, adalah teks yang dapat menuju dokumen atau informasi lain yang sudah di link.
  3. INTERNET, merupakan singkatan dari interconnection-networking. Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan TCP/IP.
  4. USERNET, merupakan singkatan dari user network. Dikembangkan oleh Duke University dan North Carolia University pada 1980. Fungsi dari usenet adalah untuk bertukar pesan antara komputer yang tersambung internet.
  5. FTP, merupakan singkatan dari File Transfer Protocol atau dalam Bahasa Indonesia berarti Protokol Pengiriman Berkas. FTP digunakan untuk melakukan download dan upload.
  6. GOPHER, dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen dengan internet tetapi gagal mencapai popularitas.
Ledakan informasi ini juga mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan pada perkembangan web, Berikut merupakan perkembangan web:
  1. Web 1.0 yang sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only.
  2. Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis web semakin banyak diterapkan. Web dan social dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti Wikipedia, blog dan friendster.
  3. Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya web 2.0 dimana pada web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin, dan manusia-manusia disempurnakan.

Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Perkembangan web dari awal hingga kini sangat dirasakan manfaatnya yaitu kita dapat memperoleh informasi. Dalam bidang ekonomi web sangat berguna pada divisi marketing atau promosi bahkan sebagai lapak penjualan. Seperti yang kita tahu banyak toko yang sudah membuat websitenya sendiri agar produk yang dijualnya lebih luas lagi pelangannya. Bahkan bila kita tidak memiliki toko tetapi kita ingin menjual hasil karya kita, kita dapat membuat website atau produk-produknya kita dipromosikan pada website seperti tokopedia atau elevania. Sehingga perkembangan internet dan web itu sendiri memberikan dampak yang sangat menguntungkan, karena kita diberi kemudahan untuk melakukan dagang.
Pengaruh yang kita rasakan berkat adanya web yang menjual berbagai kebutuhan kita(Online Shop), kita bisa berbelanja dimana saja tanpa harus ke toko dan mengantri di kasir.

Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan. 
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.

Sumber:
http://andrianime.blogspot.co.id/2014/04/pengantar-web-science.html
http://pujay29.blogspot.co.id/2016/03/Pengantar-Web-Science.html

Title: Pengantar Web Science
Posted by: Maulana Aji Pratama
Published: 2016-03-27T16:23:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
0 Komentar untuk "Pengantar Web Science"

"You must log in G+ to access the comment area".

 
Copyright © 2010 - , All Rights Reserved.
| About | Contact | Sitemap | License | DMCA
Template By CatatanInfo.com